Scroll untuk melanjutkan membaca
Alvaro Bautista mencetak rekor dunia Superbike dengan kemenangan ke-18 pada 2023
Alvaro Bautista mencetak rekor dunia Superbike dengan kemenangan ke-18 pada 2023

Alvaro Bautista mencetak rekor dunia Superbike dengan kemenangan ke-18 pada 2023

Autodrom Most, Republik Ceko, Alvaro Bautista mencetak rekor sebagai pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim Kejuaraan Dunia Superbike. Rekor ini terjadi setelah pertarungan sengit dengan Toprak Razgatlioglu. Bautista meraih kemenangan ke-18 dengan 14 kemenangan dalam balapan utama dan 4 kemenangan dalam balapan Superpole.

Setelah finis di posisi ke-12 dalam Race 1 yang tidak menguntungkan, Bautista memulai balapan dengan lambat namun dengan cepat menemukan kecepatan dan mengambil posisi terdepan di Tikungan 1. Pada lap pembuka, Axel Bassani sempat merebut pimpinan sebentar sebelum akhirnya tergelincir dan jatuh jauh di belakang.

Ini mempengaruhi ritme balapan selama 16 lap berikutnya. Bautista perlu bersabar namun tetap agresif.

Saat Bautista memimpin dalam beberapa lap, Razgatlioglu, pesaing terdekatnya dalam poin dan runner-up di Race 1, memulai balapan dari posisi keempat. Razgatlioglu tampil kuat dengan finis di posisi kedua pada Race 1 dan kemenangan dalam balapan Superpole.

Tidak butuh waktu lama bagi Razgatlioglu untuk menunjukkan performanya lagi. Dalam tiga lap, ia naik ke posisi kedua dan kemudian merebut pimpinan pada Lap ke-7 di Tikungan 13. Saat itu, balapan menjadi semakin menarik.

Keduanya tetap bersaing dengan Bautista dan Razgatlioglu bersebelahan saat melewati garis finis selama tujuh lap berikutnya. Bautista memiliki cukup tenaga untuk mengejar lawannya setiap kali, tetapi Razgatlioglu terus mempertahankan jalur dalam dan tidak memberikan kesempatan di Tikungan 1, membuatnya menjadi penghalang di pembatas jalan.

Delapan lap menjelang akhir, Bautista mencoba mengambil alih posisi di depan Razgatlioglu, tetapi pemimpin balapan melakukan manuver untuk mempertahankan posisi. Bautista memutuskan untuk lebih berhati-hati daripada bersikap terlalu berani.

Dua lap kemudian, Razgatlioglu akhirnya mulai meninggalkan Bautista dengan jarak beberapa panjang motor, tapi kecepatan tersebut mempunyai konsekuensi. Razgatlioglu kehilangan kendali di Tikungan 3 pada Lap 17, sehingga Bautista meraih kemenangan ke-18 yang mencetak rekor.

Kecelakaan tersebut mengakhiri rangkaian 20 podium beruntun bagi Razgatlioglu.

Dengan keunggulan poin yang kuat oleh Bautista, balapan ini lebih sengit daripada yang banyak orang perkirakan. Bautista mendominasi putaran pembukaan musim Superbike 2023, memenangkan semua enam balapan utama pertama. Bautista juga meraih empat kali posisi terdepan dalam enam putaran tersebut, tetapi pada balapan sebelumnya di Republik Ceko, Razgatlioglu yang finis di depan.

Selama musim 2022, Bautista tidak meraih kemenangan dalam empat balapan berturut-turut. Dia ikut Balapan 2 di Autodrom Most dengan peluang rendah setelah pensiun lebih awal di Balapan 2 di Sirkuit Imola, Italia, dan finis ketiga di balapan Superpole Ceko di belakang Razgatlioglu dan Jonathan Rea.

Kemenangan ke-18 Bautista musim ini juga merupakan kemenangan ke-50 sepanjang karirnya.

Rea, yang berada di posisi ketiga dalam klasemen poin, memenangkan Balapan 1 di Autodrom Most.

RECENT POSTS
    Supercar