Scroll untuk melanjutkan membaca
Kawasaki Ninja 150 cc kecepatan maksimun, kelebihan dan kekurangan Ninja 150cc
Kawasaki Ninja 150 cc kecepatan maksimun, kelebihan dan kekurangan Ninja 150cc

Kawasaki Ninja 150 cc kecepatan maksimun, kelebihan dan kekurangan Ninja 150cc

Kawasaki Ninja 150 cc kecepatan masksimun, Kelebihan Ninja 150 cc, Kekurangan Ninja 150 cc, Pengganti Ninja 150 cc adalah Ninja RR Mono 250 cc

Kawasaki Ninja 150 cc kecepatan masksimun, kelebihan dan kekurangan - Ninja adalah salah satu sepeda motor terbaik yang di bangun oleh pabrik Motor Kawasaki. Kawasaki adalah motor jepang yang identik dengan warna hijaunya, yang paling banyak dicari dari Kawasaki adalah ninja dengan berbagai kategori. Penggemar Ninja Di Indonesia semakin bertambah setiap harinya, karena memang varian Ninja yang paling laku dari beberapa yang dikeluarkan oleh Kawasaki.

Namun untuk ukuran dibawah 250 cc Kawasaki belum mengeluarkan mesin dengan kategori 4 tak. Dibeberapa negara seperti india misalnya motor bermesin 2 tak tidak boleh masuk ke negara tersebut sehingga Kawasaki ninja versi 2 tak tidak boleh beredar di Negara yang memberlakukan peraturan yang ketat mengenai emisi gas buang seperti di India. Pernah beredar kabar yang menyenagkan bagi para pencinta Kawasaki ninja, yaitu akan dikeluarkannya Kawasaki Ninja 150 cc 4 Tak, Namun sampai detik ini adanya Kawasaki Ninja 4-Tak 150 cc secara resmi oleh pabrikan Kawasaki dibantah adanya, Kawasaki belum berencana mengeluarkan Kawasaki Ninja 150 cc bermesin 4 Tak. Namun KMI (Kawasaki Motor Indonesia) menjawab pengganti dari Ninja 150 cc 2 Tak dengan Kawasaki Ninja RR Mono bermesin 4 Tak yang menggunakan satu silinder, namun tidak menggunakan mesin 150 cc. Kawasaki Ninja RR Mono bermesinkan 250 cc dan akan menghentikan pembuatan Kawasaki Ninja 150 cc mesin 2-Tak.

Dilihat dari kesuksesan Ninja 150 cc, saya rasa alangkah baiknya Kawasaki selain mengeluarkan Ninja RR Mono 250 cc juga mengeluarkan Kawasaki Ninja 150 cc 4 Tak, ini dilihat dari prospek dan pasar yang berbeda. Harga Kawasaki Ninja RR Mono 250 cc tentunya akan lebih mahal dari harga Ninja rr 150 cc yang sekarang sudah kisaran 35 juta, kemungkinan harga Kawasaki Ninja RR Mono 250 cc berada di kisaran 40 juta sampai 45 juta.

Kawasaki Ninja 150 CC kabarnya sudah tidak akan diproduksi lagi, ini berhubungan dengan pertimbangan emisi gas buang dan digantikan dengan

Kawasaki Ninja RR Mono 250 cc


Ninja-150-cc-vs-Ninja-RR-Mono

Tahun 2008 Kawasaki mengeluarkan Ninja 150 cc Special Edition yang bernama Ninja KRR ZX150 dengan Design menyerupai kawaski 250 CC pada bodi depan dan tanki bahan bakar, Tetap untuk ukuran besar dan kegarangan tapilan design body jelas masih kalah jauh jika dibandingkan dengan kawasaki Ninja 250 cc. Jelas saja kalah jauh, harganyanya saja hampi 2 x lipat untuk yang 250 cc. Namun nuansa sporty jelas terlihat di mesin 150 cc ini. Apakah kesuksesan Ninja 150 cc akan berhenti pada 2015.

Kelebihan Ninja 150 cc

Kelebihan Ninja 150 cc baik yang RR maupun SS dll adalah kecepatan yang sangat luar biasa, dimana saya pernah mencoba Kawasaki Ninja SS 150 cc dengan kecepatan maksimum 170 km/jam, sedangkan jika mesin sedikit dimodifikasi Ninja 150 cc akan mempunyai kecepatan maksimum Kawasaki Ninja 150 cc adalah 200 km/jam. Di Youtube kecepatan maksimum dari Ninja RR 150 cc berada pada 200 km / Jam. Jadi kelebihan dari Kawasaki Ninja 150 cc adalah di kecepatannya dengan mesin standar 150 cc mampu melaju dengan kecepatan hingga 170 km / Jam.

Fungsi Teknologi Super KIPS dan HSAS pada Ninja 150 cc

Super KIPS (Kawasaki Integrated Power valve system) merupakan teknologi system gas buang dengan memanfaatkan buka tutup pada katup pada RPM rendah dan RPM tinggi untuk meminimalisir gas buang sehingga gas buang menjadi sempurna.

Teknologi Super KIPS dibantu oleh Tehnologi HSAS (High Performance Secondary Air System) dimana HSAS berfungsi untuk memasukkan udara bersih ke dalam “Exhaust Chamber” yang dapat membentuk campuran emisi gas buang CO2 serta H2O yang tidak beracun dan ramah lingkungan.

Pada saat RPM lebih dari 7000rpm, maka katup Super KIPS akan membuka Katup HSAS akan tertutup, dan pada RPM rendah dibawah 7000rpm katup Super KIPS akan menutup Katup HSAS akan terbuka untuk menghindari campuran bensin dan udara yang masuk ke ruang bakar terbuang sia-sia dalam bentuk emisi. 

Jadi dengan Teknologi Super KIPS dan HSAS emisi gas buang akan menjadi rendah sehingga ramah lingkungan, dan Super KIPS berfungsi juga dalam menghasilkan tenaga yang stabil baik dalam putaran mesin rendah maupun putaran mesin yang tinggi.

Ninja ss 150 cc
Kawasaki Ninja SS 150 cc

Kekurangan Ninja 150 cc

Sistem pendingin air (sistem Radiator) pada Ninja 150 cc membuat mesin menjadi dingin, namun jika motor tidak digunakan lama / beberapa jam di udara yang dingin, maka mesin akan sulit nyala, sehingga harus mengguankan “choke” dan menunggu beberapa menit supaya kendaraan bisa nyala dan jalan, kalau kurang panaspun mesin kadang masih belum bisa jalan secara maksimal. 

Selain itu Teknologi Super KIPS juga masih banyak kendala, diantaranya sering macet karena Super KIPS kotor, untuk menghindari (lebih ke perawatan) setiap pagi (mau digunakan) mesin minimal harus di geber hingga di atas 7000rpm (digeber perlahan secara beruntun dan lepas), itupun belum cukup untuk mengatasi Super KIPS yang sering macet, sehingga mau tidak mau dalam waktu beberapa bulan sekali Super KIPS harus rutin di bersihkan.

Kawasaki Ninja 150 cc tidak cocok untuk dikendarai secara pelan saja setiap saat, karena kemungkinan Super KIPS akan macet lebih besar kalau jarang menggunakan / menggeber mesin pada kecepatan tinggi (lebih 7000rpm), namun jika kita berada di lingkungan yang tidak cocok untuk kecepatan tinggi maka itu tidaklah mungkin dilakukan, selain itu pada 7000rpm dengan knalpot racing tentunya akan membuat bising dan mengganggu orang lain.

RECENT POSTS
    Supercar