Scroll untuk melanjutkan membaca
Kawasaki Ninja RR Mono lebih sporty dibanding Ninja 250cc, spesifikasi dan harga
Kawasaki Ninja RR Mono lebih sporty dibanding Ninja 250cc, spesifikasi dan harga

Kawasaki Ninja RR Mono lebih sporty dibanding Ninja 250cc, spesifikasi dan harga

Kawasaki Ninja RR Mono 250cc spesifikasi dan harga Ninja RR Mono. Perbedaan Ninja RR 150cc dengan Kawasaki Ninja RR Mono, pelajari di disini

Kawasaki Ninja RR Mono terbaru dari Kawasaki yaitu ninja 250cc dengan mesin satu silinder (Silinder Tunggal), Kawasaki secara resmi melalui KMI (Kawasaki Motor Indonesia) meluncurkan product barunya yang akan mengantikan Kawasaki Ninja RR 150 cc. Ninja RR Mono akan menjadi andalan dan jagoan baru dari Kawasaki di kelas 250cc dalam mendapatkan konsumen dan penggemarnya. Dimana sebelumnya penggemar Kawasaki Ninja menunggu kedatangan Kawasaki Ninja 150cc 4-Tak, namun yang muncul adalah Kawasaki 4-tak namun bermesinkan 250cc dengan satu silinder.

Apakah Kawasaki Ninja RR Mono menjadi penerus dari Ninja RR 150cc dimana peraturan Euro yang ketat mengenai Emisi menjadi kendala, sehingga Kawasaki mengeluarkan versi 4-tak yang kelasnya di atas Ninja RR 150cc, namun di bawah Kawasaki Ninja 250cc.

Perbedaan Ninja RR 150cc dengan Kawasaki Ninja RR Mono

Perbedaan mendasar dari Kawasaki Ninja RR Mono dengan Kawasaki Ninja 250cc adalah pada mesin, dimana mesin Kawasaki Ninja 250cc menggunakan dua silinder dengan tenaga maksimum 31,5 HP, sedangkan Kawasaki Ninja RR Mono bermesin satu silinder dengan tenaga maksimum 27,5 HP, makanya di beri nama Mono. Selain itu bodi dari Ninja RR Mono lebih ramping, dan lebih ringan mungkin untuk meminimalisir biaya dan harga jualnya nanti, karena dengan berat bodi yang lebih ringan dengan mesin 250cc pada kecepatan tinggi diatas 170 km/jam, kendaraan bisa kurang stabil, karena kurang berat sehingga ban tidak menapak dengan sempurna ke aspal. Walau Kawasaki mengklaim bahwa Ninja RR Mono nyaman digunakan untuk bermanuver dan memiliki handling yang nyaman. Untuk menjamin keseimbangan seperti pada model-model Ninja sebelumnya yang menggunakan bahan baja berkualitas tinggi Ninja RR Mono menggunakan trellis high tensile Steel sebagai penopang keseimbangan. Berat Kawasaki Ninja RR Mono 151 kg selisih 20kg dari Kawasaki Ninja 250cc yang memiliki bobot 172 kg dan 174 kg (model ABS).

Ninja RR Mono terlihat lebih sporty, Aerodinamis (dengan mengadopsi konsep balap) dibandingkan dengan Ninja 250cc. Performa dari motor Ninja tidak perlu diragukan lagi, walau bermesin 1-silinder 250cc 4-tak DOHC fuel injection, berpendingin udara,  Namun tenaga yang dihasilkan tidak jauh berbeda dari Ninja 250cc. Tenaga maksimum Ninja RR Mono  adalah 27,5 HP dengan torsi maksimum 22,6 Nm. 
Ninja RR Mono memiliki lebar 685 mm lebih ramping 30mm dari Ninja 250cc yang memiliki lebar 715 mm, Jarak antara roda (wheelbase)  Ninja RR Mono 1330 mm lebih pendek 70mm dari Ninja 250cc yan memiliki wheelbase 1,400 mm. Jadi kalau dilihat dari sporty dan kerampingan saya memilih Kawasaki Ninja RR Mono.

Kawasaki Ninja RR Mono merupakan pengganti Ninja RR 150cc

Berdasarkan regulasi Euro, Ninja RR 150cc yang bermesinkan 2-tak memang kurang memenuhi standar, hasilnya Kawasaki mungkin dengan berberat hati akan menghentikan produksi Ninja 150cc bermesin 2-Tak, selain emisi mungkin peraturan baru mengenai suara knalpot, walau Ninja 150cc dengan knalpot asli pabrik tidak bising, dan memenuhi standar kebisingan suara dan emisi gas buang UU Nomor 22 Tahun 2009. Dengan berbagai atiuran tersebut maka Ninja 150cc tidak lagi diproduksi tahun 2015. Menurut “Dewi Septiani, Deputy Departement Head Marketing and Sales Division Kawasaki Motor Indonesia, yang mengatakan bahwa Ninja 150 cc akan berhenti produksi tahun depan”.

Kawasaki Ninja RR Mono
Kesuksesan dari Ninja 2-Tak atau Ninja RR 2-Tak tidak terbantahkan lagi di Indonesia, dari segmen pasar akan sedikit sulit Kawasaki Ninja RR Mono  bisa mendapatkan pengguna di kalangan menengah kemungkinan berkaitan dengan harga.

Kawasaki RR mono pertama kali di launching pada 14 Februari 2014 di Kota Kasablanka, dan test ride intro pertama kali pada 15 Februari 2014 di Sentul International Circuit. Antusias yang tinggi terhadap produk Ninja akan mempermudah dalam memperoleh kesuksesan dari Ninja RR Mono mengikuti jejak pendahulunya.

Harga Kawasaki Ninja RR Mono

Kawasaki Ninja RR Mono akan diproduksi pada bulan maret, menurut otoasia Kawasaki Ninja RR Mono akan dipasarkan 1.000-1.500 unit baru. Harga Kawasaki Ninja RR Mono 250 cc di atas harga dari Ninja rr 150 cc yang dijual dengan harga 35 juta, jadi kisaran harga Kawasaki Ninja RR Mono 250 cc antara 40 juta sampai 45 juta, karena Ninja RR Mono tidak akan mengganggu dalam pemasaran Ninja 250cc jadi kemungkinan besar harga Kawasaki Ninja RR Mono akan terpaut jauh dari Kawasaki Ninja 250cc.
RECENT POSTS
    Supercar