Scroll untuk melanjutkan membaca
Mobil Hybrid dan kelebihannya
Mobil Hybrid dan kelebihannya

Mobil Hybrid dan kelebihannya

Kelebihan menggunakan mobil hybrid, selain ramah lingkungan juga irit BBM

Mobil hybrid memberikan keuntungan yang sangat banyak, Sehingga Mobil dengan konsep hybrid menjadi sangat popular dan menjadi tren terutama di Eropa. Standar untuk konsumsi bahan bakar yang dikeluarkan pemerintah semakin tinggi semisal di Amerika yang mengharuskan setiap mobil harus bisa mencapai 55 mil per liternya. Jika 1 mil sama dengan 1.609344 km maka kendaraan tersebut harus mampu menempuh jarak setidaknya 34,17 km per liter. Hal ini menyebabkan para konsumen akan lebih memilih mobil hybrid dibanding mobil konvensional yang hanya menggunakan BBM. Selain itu fihak produsen mobil juga banyak mengembangkan mobil hybrid karena tuntutan pasar yang semakin tinggi.

Lalu apa yang dimaksud dengan mobil hybrid itu ? Mobil hybrid adalah mobil dengan dua bahan bakar untuk menggerakkan kendaraan, yaitu dengan menggunakan bensin/solar yang dikombinasikan dengan tenaga listrik, yang sering disebut dengan Hybrid Electric Vehicle (HEV). Kendaraan model hybrid akan melakukan pengisian ulang saat mobil dikendarai, mobil ini mempunyai sistem untuk menyimpan tenaga listik yang disebut RESS ke dalam sebuah baterai yang bisa secara otomatis mengisi ulang.

Kelebihan menggunakan mobil hybrid

Karena menggunakan sistem hybrid maka mobil ini akan menjadi lebih irit dengan teknologi Hybrid Electric Vehicle. Dimana mobil hybrid mampu mencapai hingga 950-1.500 km perpengisian. Dimana mobil yang hanya menggunakan BBM saja hanya mampu mencapai 500 -700 km per pengisian penuh bahan bakar. Dengan keadaan tersebut maka dengan mobil hybrid akan semakin irit bahan bakar. Menggunakan mobil Hybrid juga menjadi sarana investasi jangka panjang bagi seseorang, karena bisa menghemat pengeluaran setiap hari untuk membeli bahan bakar dalam jangka waktu yang panjang.

Mengenai emisi gas buang Co2, Tentu saja mobil hybrid adalah mobil yang memiliki jejak gas buang yang sangat sedikit sehingga amat ramah lingkungan. Bahkan mobil terbaru dari Honda yang baru baru ini diluncurkan oleh Honda yaitu Honda FCEV tidak mengeluarkan gas buang Co2 alias 0 emisi. Konsep yang Honda FCEV adalah konsep yang sangat menarik serta ramah lingkungan. Baru baru ini Pak Dahlan yang bekerja sama dengan modifikator mobil Kupu-kupu malam (lihat modifikasi dari kupu-kupu malam mobil sport yang menghabiskan dana sebesar 1.5 milliar) membuat konsep mobil Listrik.

Mobil Listrik Selo

Mobil konsep Listrik ini diberi nama Selo (mobil Sport Listrik) dan Gendhis (mini Bus Listrik) dan masih banyak lagi mobil konsep listrik yang di usung anak bangsa. Gambar ini saya dapat dari teman saat Mobil Selo berada di kampus UGM.

Mobil Listrik Selo

Namun harga mobil dengan konsep hybrid harganya masih sangat mahal. Apalagi dibandingkan dengan konsep mobil murah yang digembor-gemborkan pemerintah yang tidak mengusung mobil dengan konsep irit bahan bakar apalagi yang ramah lingkungan.

Sebagian orang mulai lebih sadar terhadap lingkungan, selain dipengaruhi karena kesadaran akan kelestarian lingkungan itu sendiri faktor lainnya adalah harga gas mulai melambung, Gas alam yang tidak dapat diperbarui menyebabkan permainan pasar yang melambungkan harga BBM. Kendaraan Hybrid menggunakan kombinasi gas bertenaga mesin untuk pembakaran internal dengan motor listrik. Mobil hybrid didefinisikan sebagai kendaraan yang menggunakan lebih dari satu sumber bahan bakar.

Sejarah mobil Hybrid

Model Mobil hybrid yang diketahui pertama kali dikembangkan pada tahun 1960-an, Namun populer sampai dengan abad ke 20. Pada tahun 1960-an telah dikembangkan mobil listrik yang menjadi awal dari perkembangan dan satu-satunya kendaraan listrik saat itu, Setelah itu mobil bertenaga gas (bensin/solar) digabungkan dengan mobil tenaga listrik, itulah awal mula munculnya mobil hybrid pertama kali.

Sebelum mobil hybrid mulai dikembangkan, sebenarnya ada cukup banyak kendaraan bertenaga listrik yang telah digunakan. Ide pengembangan jenis kendaraan bertenaga ganda muncul kembali, Mobil Hybrid mulai dikembangkan secara konsisten pada abad ke-21. Kerusakan lingkungan dan efisiensi bahan bakar serta makin naiknya harga minyak dunia menjadi awal dimana mobil hybrid mulai dikembangkan dan menjadi popular.
RECENT POSTS
    Supercar